Rabu, 27 Mei 2020

Jenis Rempah Rempah Khas Indonesia Yang Mampu Menangkal Penyakit

Jenis Rempah Rempah

Indonesia kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah, salah satu nya rempah rempah. Indonesia sendiri memang terkenal dengan rempah rempahnya yang beragam, tak heran jika makanan Indonesia masuk kedalam makanan terenak di dunia karena terbuat dari berbagai macam rempah rempah yang membuat rasa masakan Indonesia sangat khas dan beragam.

Bahkan pada zaman dahulu penjajah pada awalnya datang ke Nusantara karena tertarik dengan kekayaan rempah yang dimiliki Indonesia. Pada masa itu rempah rempah memiliki nilai jual yang tinggi, rempah rempah memang terkenal sebagai pelengkap bumbu masakan. Namun selain itu rempah rempah ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan mampu menangkal penyakit, apa sajakah jenis rempah rempah yang mampu menangkal penyakit.


Jenis Rempah Rempah Yang Mampu Menangkal Penyakit
 
Lada
Jenis Rempah Rempah

Jenis rempah rempah pertama yaitu Lada. Lada sering digunakan sebagai bumbu masakan, rasanya yang pedas dan hangat membuat masakan semakin nikmat. Lada mempunyai kandungan dan anti inflamasi yang tinggi, mengkonsumsi lada dapat membantu memperbaiki segala kerusakan yang ada pada tubuh, selain itu juga Lada dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan kandungan pada Lada juga mampu membuat tubuh tahan terhadap radikal bebas.

Temulawak
Jenis Rempah Rempah

Siapa yang tak mengenal rempah yang satu ini, rempah yang banyak memiliki manfaat. Temulawak memiliki kandungan curcumin yang tinggi dan biasanya sering diolah menjadi jamu, kandungan pada temulawak berfungsi untuk meningkatkan system serotonin dan dopamine yang bisa membuat tubuh lebih mudah merasa bahagia dan jauh dari stres.  Jika jauh dari stress maka kekebalan tubuh akan meningkat.

Jahe
Jenis Rempah Rempah

Jahe sangat familiar sebagai bumbu masakan, namun juga sering digunakan sebagai minuman. Jahe dapat menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi, selain itu jahe juga mengandung senyawa gingerol yang dapat meringankan gejala flu dan batuk. Jahe cocok banget di konsumsi di musim hujan. Cara membuat minuman dari jahe sangat mudah, bisa dicampur dengan susu hangat, atau dengan madu dengan cara merebus air dengan jahe lalu ditambahkan dengan madu atau susu.

Kencur
Jenis Rempah Rempah

Pada saat kamu masih kecil pasti tak asing dengan jamu beras kencur. Kencur biasanya dibuat jamu atau tambahan untuk bumbu masakan, jika dari bentuk kencur memiliki tampilan yang mirip dengan jahe, namu aroma dan rasanya sangat berbeda. Kencur memiliki kandungan minyak atsiri seperti etil alkohol dan sineol, yang mampu meredakan lendir penyumbat hidung pada gejala radang tenggorokan, tak hanya itu kencur juga memiliki anti bakteri mampu memperbaiki fungsi pernapasan dan pencernaan.

Kayu Manis
Jenis Rempah Rempah

Kayu manis memiliki aroma yang khas, pada kayu manis memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, yang bisa menghindarkan tubuh dari ancaman berbagai penyakit mematikan . Selain itu kayu manis juga memiliki kandungan anti inflamasi yang mampu meredakan berbagai jenis gejala penyakit. Mengkonsumsi kayu manis dengan secangkir madu akan membuat tubuh kamu lebih bugar.

Kunyit
Jenis Rempah Rempah

Kunyit sudah sangat familiar di bumbu masakan Indonesia, dan juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami. Kunyit memiliki kandungan curcumin tinggi yang dapat menjaga daya tahan tubuh lebih baik, selain itu kunyit juga dapat meningkatkan kinerja otak.

Cengkeh
Jenis Rempah Rempah

Cengkeh mengandung eugenol yang berfungsi untuk mengurangi infeksi pada tubuh, jika ingin mengkonsumsi cengkeh bisa gunakan cengkeh yang masih memiliki kuncup bunga, karena di kuncupnya terkandung senyawa yang ampuh untuk melindungi diri dari berbagai penyakit.

Serai
Jenis Rempah Rempah

Serai biasa digunakan untuk tambahan masakan, namun juga dapat dijadikan minuman. Kandungan pada serai mampu membuang racun berbahaya dalam tubuh, mengkonsumsi serai juga dapat mendetoks racun sekaligus menjaga imunitas tubuh karena rempah kaya antioksidan dan flavonoid yang baik untuk kesehatan ginjal dan hati.

Share: