Kamis, 02 Juli 2020

Manfaat Konsumsi Madu Saat Bulan Puasa

Saat sedang berpuasa kita harus pintar-pintar memilih apa makanan yang sehat dan juga bergizi. Karena jika sampai salah memilih maka bisa menyebabkan puasa menjadi tidak lancar. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi pada saat berbuka atau saat sahur akan membuat tubuh anda menjadi sehat pada saat bulan puasa. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi madu pada saat bulan puasa. Madu sangat baik bagi kesehatan, juga sangat baik bagi rambut dan juga kulit. Karena madu memiliki manfaat yang sangat banyak serta memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, sehingga madu bisa menjadi bahan makanan sehat pada saat bulan puasa. Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa Manfaat Konsumsi Madu pada saat bulan puasa yang berguna bagi kesehatan tubuh, rambut dan juga kulit. 



7 Manfaat Konsumsi Madu Bagi Kesehatan Tubuh, Rambut, Dan Kulit
Manfaat Konsumsi Madu

Menambah Energi

Manfaat madu jika dikonsumsi pada bulan puasa adalah mampu menambah energi pada saat berpuasa. Madu bisa diminum pada saat sahur dan berbuka puasa. Karena madu memiliki kandungan gula yang alami serta kandungan karbohidrat yang berperan penting untuk menambah energi pada saat sedang berpuasa. Selain itu madu juga mengandung banyak kalsium, kalium dan zat besi yang berfungsi menjaga kekuatan otot dan tulang agar selalu kuat saat menjalani aktivitas. 


Menguatkan Imun Tubuh

Pada saat sedang berpuasa, sistem imun tubuh pasti akan sedikit berkurang karena kurangnya asupan gizi pada tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi madu pada saat sahur dan berbuka puasa dipercaya bisa membantu menguatkan sistem imun tubuh. Karena madu akan membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sel-sel imunitas. Jika produksi sel imun tubuh meningkat, maka metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih kuat. Madu juga berperan penting dalam melawan bakteri di dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi madu bisa mencegah timbulnya beberapa macam penyakit. 

Mencegah Penuaan Dini

Madu memiliki banyak sekali kandungan senyawa antioksidan. Antioksidan dapat membantu merawat sel kulit agar bisa terhindar dari penuaan dini. Antioksidan juga memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab utama rusaknya jaringan sel kulit yang juga bisa membuat kulit menjadi rusak dan keriput. Antioksidan yang terdapat pada madu dipercaya bisa mencegah sel kanker dan baik mencegah kanker kulit maupun kanker lainnya.


Mencegah Diabetes

Madu memiliki rasa yang manis namun dengan rutin mengkonsumsi madu pada saat bulan puasa justru akan membantu dalam mencegah penyakit diabetes. Penyebab utama dari penyakit diabetes adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula buatan. Karena rasa manis dari madu merupakan rasa yang alami dari madu itu sendiri. Madu juga memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang merupakan pemanis alami dari madu dan juga berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. 


Mengontrol Kolesterol

Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, antioksidan ini bisa membantu melindungi pembuluh darah agar tetap terkontrolnya kolesterol dan kadar gula darah di dalam tubuh. Kolesterol jahat yang terperangkap di dalam dinding arteri bisa menjadi plak jika terpapar radikal besar dan kemudian akan menyumbat aliran darah dalam tubuh. Senyawa antioksidan dipercaya mampu mencegah radikal bebas, sehingga radikal bebas akan berkurang dan mampu mengontrol kolesterol pada tubuh. 


Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata Manfaat Konsumsi Madu juga bisa membantu dalam menjaga kesehatan kulit loh, salah satunya adalah membantu kesehatan kulit menjadi lebih lembab. Madu juga dapat mengecilkan pori-pori wajah serta membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Dan juga madu bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain untuk dikonsumsi, madu juga bisa dijadikan sebagai masker wajah karena madu bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah.



Menjaga Kesehatan Rambut

Ternyata madu juga digunakan sebagai cara untuk menjaga kesehatan rambut, terutama bagi perempuan yang mengenakan hijab. Saat ingin menggunakan madu pada rambut akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan berkilau, serta mampu mengatasi kutu pada rambut. Madu juga bisa diolah menjadi masker rambut agar rambut bisa menjadi lebih sehat saat sedang menggunakan hijab di bulan puasa. 

Share: